Jumat, 14 Januari 2011

MATAN FIKIH PERTAMA DALAM MADZHAB HANABILAH

Adalah Asy Syaikh Abul Qosim Umar bin Husain al Baghdadiy al Hambaliy yang kemudian dikenal dengan Al Khiroqiy, 'alim hanabilah yang pertama menyusun matan fikih berdasar madzhab yang kemudian kitab beliau tersebut tersohor dengan sebutan " mukhtashor al Khiroqiy ". Beliau memberitahukan kepada hanabilah secara khusus dan kaum muslimin secara umum akan kitab beliau ini dimuqoddimah kitab tersebut :
" Aku meringkas kitab ini berdasar madzhab al Imam Abu Abdillah Ahmad bin Hambal rodhiyallohu 'anhu agar mudah bagi orang yang mempelajarinya . . . ".
Sepeninggal Abul Qosim rohimahulloh ditahun 334 H diDamaskus . . .
Maka Alloh menjadikan kitab tersebut sebagai mahalla qobulin diantara pengikut madzhab hanabilah dengan berderetnya ulama dulu hingga zaman ini untuk menumpahkan perhatian terhadap kitab tersebut dari antara syarh, catatan kaki hingga dinadzomkan dalam bentuk sya'ir, sampai - sampai 'Allamah Ibnu Badron al Hambaliy rohimahulloh didalam al Madkhol menyatakan ( h. 214 ) : " Belum terdapati sebuah kitabpun didalam madzhab yang ditujukan khidmah kepadanya sebanding dengan mukhtashor ini, belum pula ada satu kitabpun yang ditujukan perhatian sebesar perhatian terhadap kitab ini, sampai - sampai Ibnu Abdil Hadi dalam Ad Durorun Naqiy menatakan : berkata syaikh kami syaikh 'Izzudin al Mishriy : Aku hapal ada 300 syarh. Disebutkan dalam Al Maqshodul Arsyad bahwa Abu Ishaq Al Barmaki mengatakan : Jumlah masa'ilnya al Khiroqiy ada 2300. Kesimpulannya, bahwa ia adalah mukhtashor yang sangat indah dan tidak terdapati satu kitabpun yang tersohor dikalangan mutaqoddimin dibandingkan kitab ini ".
Diantara ulama yang mensyarh mukhtashor ini dan tercetak syarhnya tersebut adalah : Abu 'Ali bin al Banna' ( wafat 471 ), Ibnu Qudamah ( wafat 620 ) dalam kitab besarnya Al Mugniy, Muhammad Az Zarkasyi ( wafat 772 ), Yusuf bin Abdil Hadi ( wafat 909 ) dalam Ad Durorun Naqiynya dll rohimahumulloh .
Adapun dimasa ini ada hasyiyah atasnya yang ditulis oleh Asy Syaikh Muhammad bin Abdurrahman Aal Isma'il, juga syarh ringkas Kholid al Anshoriy. Dibuka pula halaqoh - halaqoh untuk mengkajinya dimasa ini diantaranya : halaqoh Asy Syaikh Sa'd bin Nashir Syatsriy dan halaqoh Asy Syaikh Abdul Karim al Khudzeir hafidzohumulloh . Semoga Alloh membalas 'Allamah al Khiroqiy dengan berlimpah kebaikan demikian halnya dengan para ulama hanabilah yang berkhidmah kepada umat dengan menyebarkan kitab mukhtashornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENARA SUNNAH KHATULISTIWA

Artikel-artikel islam ilmiyah dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Arab, Insya Allah diasuh oleh Abu Unaisah Jabir bin Tunari