Selasa, 16 Oktober 2012

ARAHAN SYAIKH AL WADI'I 
TENTANG TARBIYATUN NISA


Pertanyaan ke – 39 * : Seorang wanita ingin belajar dikota Makkah dengan cara bahwa ayahnya akan mengantarkannya kekota Makkah kemudian meninggalkannya disana, maka apakah boleh baginya untuk menetap sendirian disana dalam menuntut ilmu ? dengan catatan bahwa disana ada asrama khusus bagi para wanita ?

Jawab                         : Apabila dia tidak berbaur dengan para lelaki serta jika telah selesai masa belajarnya maka sang ayah datang menjemputnya untuk perjalanan pulang _ sebab tidak halal bagi seorang wanita untuk safar kecuali disertai oleh mahromnya _ dan dia disana mempelajari kitabulloh serta sunnah rasululloh maka aku harap hal itu tidak mengapa baginya sebab yang dilarang itu adalah berduaan dengan lelaki asing juga safar tanpa mahrom. / Sumber : kitab Ghorotul Asyrithoh ( 2 / 220 – 221 )
================================
* ) dikutip dari kitab fatawa syaikh Muqil lil mar'ah al muslimah susunan Abu Abdillah Al Mashna'i, pengantar Abu Nashr Muhammad al imam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENARA SUNNAH KHATULISTIWA

Artikel-artikel islam ilmiyah dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Arab, Insya Allah diasuh oleh Abu Unaisah Jabir bin Tunari