Rabu, 16 November 2011

SYAIKH AL JAILANIY TENTANG TAQDIR & KESALAH PAHAMAN ALI AL HALABIY DALAM CATATANNYA

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahulloh : “ Dan kepada inilah Syaikh Abdul Qodir rohimahulloh mengisyaratkan sebagaimana pada pernyataan yang dinisbatkan kepada beliau, beliau jelaskan bahwa kebanyakan para pengikut shufiyyah jika mereka telah berhadapan dengan qodho’ dan qodar maka mereka pasrah . . . ”.

Berkata Ali Al Halabiy waffaqohulloh memberikan catatan kaki atas pernyataan yang dinisbatkan kepada syaikh Abdul Qodir rohimahulloh diatas dengan kalimat : “ dan itulah yang benar ; dimana untuk tidak semestinya berlarut – larut dalam beragam letak pembahasan taqdir sebagaimana telah shohih dari sabda nabi sholallohu ‘alaihi wasallam : (( jika dibicarakan taqdir maka diamlah kalian )). Periksalah takhrijnya didalam Ash Shohihah ( 34 ) ”._sekian dari [ Al ‘Ubudiyyah Libni Taimiyyah tahqiq Ali Al Halabiy, Darul Asholah cet. III th. 1419 halm. 31 – 32 footnote. 1 ]

Catatan kaki Ali Al Halabiy diatas jelas sangat keliru dan bertentangan dengan kebenaran serta apa yang ada dalam pernyataan yang dinisbatkan kepada syaikh Abdul Qodir, sisi kesalah pahamannya akan diketahui ketika kita menyimak lengkap dari pernyataan yang dinisbatkan kepada syaikh rohimahulloh.

Berkata syaikh rohimahulloh melanjutkan : “ . . . kecuali diriku, maka adapun diriku sesungguhnya telah tersingkap bagiku jendela maka aku melawan taqdir Alloh untuk mengikuti kebenaran yang juga telah ditaqdirkan, seorang sejati adalah siapa yang melawan taqdir bukan siapa yang menyerah kepada taqdir ”._sekian dari [ Al ‘Ubudiyyah tahqiq Ali Al Halabiy halm. 32 Darul Asholah cet. III th. 1419 ]

Untuk lebih gamblangnya maka silakan simak penjelasan yang mulia syaikh Abdul Azizi Ar Rojihiy hafidzohulloh dalam syarohnya terhadap risalah Al ‘Ubudiyyah atas pernyataan yang dinisbatkan kepada syaikh Abdul Qodir rohimahulloh diatas. Beliau hafidzohulloh berkata : “ Berkata penulis rohimahulloh : bahwa syaikh Abdul Qodir Al jailaniy rohimhulloh berdasar pada apa yang dinisbatkan kepada beliau berkata : banyak dari para pengikut shufiyyah jika mereka berhadapan dengan qodho’ dan qodar maka mereka pasrah, pasrah maknanya selesai, dia melihat kepada qodho dan qodar kemudian dia tidak mau bergerak, ditaqdirkan atasnya jatuh kedalam maksiat maka_selesai sudah_ dia tidaklah mau bertaubat tidak pula mau berbuat lain, dia menyerah kepada qodho dan qodar, beliau berkata : ini adalah keliru ! adapun diriku, maka telah tersingkap bagiku tirai sehingga aku melawan taqdirnya Al Haq dengan al haq untuk al haq, Maknanya beliau katakan : aku tidaklah berhenti dibatasan ini, yaitu dihadapan taqdir namun aku melawan taqdirnya Al Haq, Al Haq yang pertama adalah Alloh sedang dengan al haq maknanya adalah dengan apa yang datang dari rasululloh untuk tujuan al haq, maknanya : tidaklah aku menyerah dihadapan taqdir, maksiat adalah sesuatu yang telah ditaqdirkan, apabila Alloh taqdirkan aku berbuat maksiat maka aku tidak akan diam, namun aku akan bertaubat kepada Alloh, aku lawan taqdir dengan taqdir, aku lawan taqdir maksiat dengan taqdir taat dan taubat. Taubatlah kepada Alloh dan jangan menyerah ! banyak dari para pengikut shufiyyah _selesai sudah_ dia melihat bahwa taqdir maksiat atasnya, kekufuran juga ditaqdirkan menimpanya _kita memohon keselamat darinya_ mereka menyerah. Beliau berkata : ini adalah keliru ! . . .dst ”._dari www.taimiah.org

ستبدي لك الأيام ما كنت جاهلا * * * ويأتيك بالأخبار من لم يتزود

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENARA SUNNAH KHATULISTIWA

Artikel-artikel islam ilmiyah dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Arab, Insya Allah diasuh oleh Abu Unaisah Jabir bin Tunari